5 Area untuk Keunggulan Bisnis
5 Area keunggulan Bisnis (catatan Grounded di Malang)
1. OMSET dan Pertumbuhan
omset adalah seluruh jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan
dalam waktu tertentu namun belum dikurangi dengan HPP (Harga Pokok produksi, bahan baku
peralatan dll) serta expense (Gaji, Karyawan, tagihan listrik, gaji pimpinan, biaya pemasaran dll)
Omset harus bertumbuh dan target omset mesti dalam batas pencapaian atau kinerja usaha
contoh meningkatkan omset pertumbuhan
1. merakit mobil dari 14 jam untuk satu unit menjadi 90 menit (terjadi pada tahun 1913)
2. Merakit motor hanya dalam waktu 5.5 detik
contoh tindakan menaikan omset
1. Menambah jenis produk
2. menjual lebih mahal
3. menambah cabang atau pasar baru
4. menambah jam buka
5. menambah jenis layanan
6. Menambah tenaga sales
7. Menambah brosur disebarkan
8. Menggunakan sosial media
9. Membuat produk premium
10. Menjual dalam paket penjualan
11. Meningkatkan kualitas layanan berdampak kepuasan
12. Memberi diskon
2. KEPUASAN PELANGGAN
kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia
terima dan harapannya.
faktor faktor seperti kualitas produk, kualitas layanan, emosional, harga dan biaya
tindakan untuk menadapatkan kepuasan pelanggan seperti
1. Domino pizza mengantar pesanan konsumen dalam waktu 30 menit atau gratis
2. IKEA merakit perabotan sesuai kebutuhan
3. UBER taksi serasa sopir pribadi
4. AirBnb hotel serasa rumah atau villa sendiri
5. Tesla energi terbarukan 90% terbuat dari bahan daur ulang
3. KINERJA SDM
Kinerja SDM adalah hasil kerja seorang karyawan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab
yang diberikan.
kinerja SDM harus terukur efisian dan efektif dan sesuai dengan Goal masing masing divisi
ada beberapa kebijakan mengatur SDM yaitu diberi sanksi dan reward.
sanksi berupa peringatan, mutasi dan pemecatan
reward berupa kenaikan gaji atau pangkat atau bonus
4. KEUANGAN YANG EFISIEN PADA OPERASIONAL
Efisien bukan berarti pelit atau hemat, namun meletakan pada porsi yang sesuai dan terukur
dengan mengurangi atau memanfaatkan seminimal mungkin opersional usaha
seperi di Air Asia tidak ada makanan, tidak ada cetak tiket, tiada ada VIP Lounge, mengurangi waktu singgah
contoh tindakan untuk mengurangi biaya
1. Kurangi karyawan yang tidak efektif
2. Bahan baku alternatif
3. Proses yang ringkas
4. Pangkas biaya rutin
5. Mengurangi kesalahan proses
6. Mengurangi biaya meeting
7. Daur ulang bahan sisa pakai
5. ORGANISASI
Organisasi usaha adalah menyangkut managemen dan leadership
contoh produk IKEA
1. rendah hati dan tekad yang kuat
2. kepempinan dengan contoh
3. berkelanjutan dalam produk baru
4. menerima dan bertanggung jawab jika produk rusak
5. bersama sama dan antusias dalam tim managerial
Oleh Masdi Hari Bowo, C.NNLP
Grounded Execution Young Leader (GET) V Malang
Komentar
Posting Komentar