5 Area untuk Keunggulan Bisnis


5 Area keunggulan Bisnis (catatan Grounded di Malang)

1. OMSET dan Pertumbuhan
   omset adalah seluruh jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan
   dalam waktu tertentu namun belum dikurangi dengan HPP (Harga Pokok produksi, bahan baku
   peralatan dll) serta expense (Gaji, Karyawan, tagihan listrik, gaji pimpinan, biaya pemasaran dll)

   Omset harus bertumbuh dan target omset mesti dalam batas pencapaian atau kinerja usaha
 
   contoh meningkatkan omset pertumbuhan
   1. merakit mobil dari 14 jam untuk satu unit menjadi 90 menit (terjadi pada tahun 1913)
   2. Merakit motor hanya dalam waktu 5.5 detik

   contoh tindakan menaikan omset
   1. Menambah jenis produk
   2. menjual lebih mahal
   3. menambah cabang atau pasar baru
   4. menambah jam buka
   5. menambah jenis layanan
   6. Menambah tenaga sales
   7. Menambah brosur disebarkan
   8. Menggunakan sosial media
   9. Membuat produk premium
  10. Menjual dalam paket penjualan
  11. Meningkatkan kualitas layanan berdampak kepuasan
  12. Memberi diskon


2. KEPUASAN PELANGGAN
   kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia
   terima dan harapannya.
   faktor faktor seperti kualitas produk, kualitas layanan, emosional, harga dan biaya
   tindakan untuk menadapatkan kepuasan pelanggan seperti

   1. Domino pizza mengantar pesanan konsumen dalam waktu 30 menit atau gratis
   2. IKEA merakit perabotan sesuai kebutuhan
   3. UBER taksi serasa sopir pribadi
   4. AirBnb hotel serasa rumah atau villa sendiri
   5. Tesla  energi terbarukan 90% terbuat dari bahan daur ulang

3. KINERJA SDM
   Kinerja SDM adalah hasil kerja seorang karyawan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab
   yang diberikan.
   kinerja SDM harus terukur efisian dan efektif dan sesuai dengan Goal masing masing divisi
   ada beberapa kebijakan mengatur SDM yaitu diberi sanksi dan reward.
   sanksi berupa peringatan, mutasi dan pemecatan
   reward berupa kenaikan gaji atau pangkat atau bonus

4. KEUANGAN YANG EFISIEN PADA OPERASIONAL
   Efisien bukan berarti pelit atau hemat, namun meletakan pada porsi yang sesuai dan terukur
   dengan mengurangi atau memanfaatkan seminimal mungkin opersional usaha
   seperi di Air Asia tidak ada makanan, tidak ada cetak tiket, tiada ada VIP Lounge, mengurangi waktu singgah
   contoh tindakan untuk mengurangi biaya
   1. Kurangi karyawan yang tidak efektif
   2. Bahan baku alternatif
   3. Proses yang ringkas
   4. Pangkas biaya rutin
   5. Mengurangi kesalahan proses
   6. Mengurangi biaya meeting
   7. Daur ulang bahan sisa pakai

5. ORGANISASI
   Organisasi usaha adalah menyangkut managemen dan leadership
   contoh produk IKEA
   1. rendah hati dan tekad yang kuat
   2. kepempinan dengan contoh
   3. berkelanjutan dalam produk baru
   4. menerima dan bertanggung jawab jika produk rusak
   5. bersama sama dan antusias dalam tim managerial

Oleh Masdi Hari Bowo, C.NNLP
Grounded Execution Young Leader (GET) V Malang



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERAPA LEVEL DALAM BERBISNIS ?

Menjadi Tuan atas Diri Sendiri

NLP Modeling