Frame dalam NLP
FRAMING
Dalam konteks NLP memberikan konteks atau fokus pikiran dan
tindakan menjadikan komunikasi kita lebih terarah dan fokus pada solusi yang
kita harapkan mengemas komunikasi lebih elegan.
Frame merupakan cara
pandang seseroang memaknai suatu hal atau peristiwa pada konteks tertentu.
Frame dalam komunikasi berguna sebagai parameter dalam membatasi ruang lingkup
komunikasi.
Outcome
Frame :
Orientasipada hasil sebuah tindakan (Outcome)
Contoh dari outcome frame pada rapat
Biaya nya ketua rapat akan membuka dengan pola kalimat
“Saudara
saudara sekalian tujuan kita pada pertemuan kali ini mendiskusikan penyebab
utama turunnya penjualan perusahaan, harap semua bisa memberika penilaian
dengan baik dan didukung dengan data-data”
Dengan pesan yang dibingkai di atas ketua rapat sebenarnya
telah mempersuasi para anggota rapat untuk mau memberikan penilaian berdasarkan
data-data yang akurat tidak sekedar hanya saling mencari kesalahan. Inilah kegunaan
Outcome Frame
Contrast
Frame :
Orientasi pada frame yang bertolak belakang biaasaya para
ahli penjuaan sering melakukan hal ini
Contoh kalau
anda membayar booking untuk pembelian unit rumah anda di kantor maka anda harus
membayar 1 juta rupiah, tetapi hari ini saya akan menawarkan hanya dengan
500.000 anda sudah booking unit anda karna anda tidak harus ke kantor.
Dengan kemasan kalimat di atas anda pasti terpikir untuk
membeli alat tersebut sekarang juga karna ada selisih yang cukup jauh dengan
harga di kantor.
As if Frame
Orientasi pada pengandaian, mempersuasi orang lain dengan
mengajaknya untuk membayangkan atau mengalaminya secara langsung.
Contoh
Andai anda memiliki perusahaan sebesar ini, apa yang anda lakukan untuk meningkatkan
penjualan?”
Bila penjualan merosot , apa yang akan terjadi pada karyawan
?”
Orang tentu akan berpikir dua kali ketika mereka anda ajak
untuk membayangkan atau mengalami sesuatu secara langsung bukan ?
Agrement
Frame
Orientasi pada kesepakatan kedua belah pihak, dengan
agrement frame, anda mencoba membawa orang lain untuk menyetujui sesuatu yang
telah diketahui dan disepakati bersama.
Contoh :
Seperti
yang kita pahami bersama bahwa keuangan adalah jantungnya perusahaan,
maka.......”
Anda semua tentunya sepakat bahwa fungsi HRD adalah menjamin
kesejahteraan karyawan, karena itu..............”
Agreement frame akan membawa orang untuk sepakat terhadap
sesuatu hal sebelum anda memasuki isu utama yang ingin anda sampaikan. Dan dengan
agrement frame juga bisa digunakan untuk yang memberikan pendapat tanpa harus
menyinggung dan merusak suasana perasaan orang lain.
Demikianlah teknik frame untuk memberikan ide atau gagasan
maupun pemikiran agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh teman bicara
kita.
oleh : Masdi Hari Bowo, C.NNLP, C.HLC
Komentar
Posting Komentar