Frame dalam NLP



FRAMING
Dalam konteks NLP memberikan konteks atau fokus pikiran dan tindakan menjadikan komunikasi kita lebih terarah dan fokus pada solusi yang kita harapkan mengemas komunikasi lebih elegan.

 Frame merupakan cara pandang seseroang memaknai suatu hal atau peristiwa pada konteks tertentu. Frame dalam komunikasi berguna sebagai parameter dalam membatasi ruang lingkup komunikasi.

Outcome Frame :
Orientasipada hasil sebuah tindakan (Outcome)
Contoh dari outcome frame pada rapat
Biaya nya ketua rapat akan membuka dengan pola kalimat

                “Saudara saudara sekalian tujuan kita pada pertemuan kali ini mendiskusikan penyebab utama turunnya penjualan perusahaan, harap semua bisa memberika penilaian dengan baik dan didukung dengan data-data”

Dengan pesan yang dibingkai di atas ketua rapat sebenarnya telah mempersuasi para anggota rapat untuk mau memberikan penilaian berdasarkan data-data yang akurat tidak sekedar hanya saling mencari kesalahan. Inilah kegunaan Outcome Frame

Contrast Frame :
Orientasi pada frame yang bertolak belakang biaasaya para ahli penjuaan sering melakukan hal ini
                Contoh kalau anda membayar booking untuk pembelian unit rumah anda di kantor maka anda harus membayar 1 juta rupiah, tetapi hari ini saya akan menawarkan hanya dengan 500.000 anda sudah booking unit anda karna anda tidak harus ke kantor.
Dengan kemasan kalimat di atas anda pasti terpikir untuk membeli alat tersebut sekarang juga karna ada selisih yang cukup jauh dengan harga di kantor.

As if Frame
Orientasi pada pengandaian, mempersuasi orang lain dengan mengajaknya untuk membayangkan atau mengalaminya secara langsung.
Contoh
Andai anda memiliki perusahaan sebesar ini,  apa yang anda lakukan untuk meningkatkan penjualan?”
Bila penjualan merosot , apa yang akan terjadi pada karyawan ?”

Orang tentu akan berpikir dua kali ketika mereka anda ajak untuk membayangkan atau mengalami sesuatu secara langsung bukan ?

Agrement Frame
Orientasi pada kesepakatan kedua belah pihak, dengan agrement frame, anda mencoba membawa orang lain untuk menyetujui sesuatu yang telah diketahui dan disepakati bersama.
Contoh :


Seperti yang kita pahami bersama bahwa keuangan adalah jantungnya perusahaan, maka.......”

Anda semua tentunya sepakat bahwa fungsi HRD adalah menjamin kesejahteraan karyawan, karena itu..............”

Agreement frame akan membawa orang untuk sepakat terhadap sesuatu hal sebelum anda memasuki isu utama yang ingin anda sampaikan. Dan dengan agrement frame juga bisa digunakan untuk yang memberikan pendapat tanpa harus menyinggung dan merusak suasana perasaan orang lain.
Demikianlah teknik frame untuk memberikan ide atau gagasan maupun pemikiran agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh teman bicara kita.

oleh : Masdi Hari Bowo, C.NNLP, C.HLC
Coach dan NLP Praktisi 
Founder HSSCenter






Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERAPA LEVEL DALAM BERBISNIS ?

Menjadi Tuan atas Diri Sendiri

NLP Modeling